Minggu, 23 Oktober 2011

AUTOCAD

AUTOCAD
Coba bayangkan bila anda mendapatkan aplikasi Autocad asli secara gratis dan tidak hanya untuk Anda sendiri, melainkan bisa Anda bagikan kepada oranglain yang membutuhkan baik untuk keperluan pendidikan maupun profesional. Hmm..maukan?
http://karyaguru.files.wordpress.com/2010/10/draftsight-2d-posjaga.jpg?w=210&h=139
Hal ini tidak mustahil terjadi, namun bukan software AutoCAD yang akan Anda dapatkan secara gratis melainkan fungsi-fungsi aplikasi AutoCAD yang Anda dapatkan. Karena ada software yang sangat mirip sekali dengan AutoCAD sampai perintah-perintah keyboard (shortcut) yang biasa digunakan di AutoCAD dapat digunakan disini. Nama softwarenya DraftSight yang dibuat oleh vendor Dassault Systemes.

Informasi ini saya dapatkan dari postingan di tentangcad yang dibuat oleh Mas Edwin Prakoso. Setelah membaca artikelnya, langsung saja saya ke TKP untuk mendownload software tersebut yang memang benar-benar free alias gratis dan siapa saja dapat menggunakannya baik pelajar, guru maupun para profesional.

Selesai download yang lumayan cepat karena kapasitas filenya hanya 40 MB, langsung di install dan saya coba-coba. Ternyata asyik banget, perintah-perintah autocad dapat digunakan di software ini dengan lancar. Kemudian dicoba membuka file AutoCAD yang saya buat pada versi 2010 yang berisi gambar Pos Jaga 2D dan 3D. Kereeen..ga ada masalah untuk membuka dan mengeditnya.

Walaupun disebutkan bahwa software ini untuk 2D, tapi ketika saya coba perintah extrude ternyata bisa kok. Saya belum eksplorasi secara dalam namun cukup berkesan dengan DraftSight yang masih dalam versi Beta ini. Software ini sudah dapat berjalan di Microsoft Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan MaC. Untuk kedepannya DraftSight akan berjalan di Linux…Nah yang ini saya tunggu agar bisa bermain CAD di Linux dengan bebas.

Terimkasih untuk Mas Edwin Prakoso yang telah membagi informasi yang sangat bermanfaat menurut saya pribadi. Dan bagi Anda yang ingin mencoba kehebatan software gratis ini silahkan mendownload disini.

Berikut ini screenshot yang saya ambil saat menggunakan DraftSight. Bahkan Layout yang ada pun terbaca dengan sempurna.

0 komentar:

Posting Komentar